Belum ada standarisasi yang jelas mengenai harga sebuah desain logo. Setiap desainer atau design agency merumuskan harga dengan caranya masing-masing, tentu dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan selama proses dalam membuat logo tersebut.
Dibawah ini adalah sebagian contoh dari harga logo-logo terkenal di dunia. Ada logo yang harga desainnya terbilang sangat tinggi, namun ketika diluncurkan mendapat hujan kritik dari banyak desainer lain. Sebaliknya, ada juga logo dengan harga yang terbilang rendah, namun setelah beberapa puluh tahun tetap berdiri sebagai salah satu logo paling berhasil diseluruh dunia.
Namun bagaimana sebenarnya cara paling tepat menghitung harga desain logo?
Benarkah proses pembuatannya murni menjadi tolak ukur?
1. Twitter
desainer: Simon Oxley
tahun pembuatan: 2009
harga: $10-$15 (sekitar Rp.100.000-Rp.150.000,-)
2. Pepsi
desainer: Arnell Group
tahun pembuatan: 2009
harga: $ 1.000.000 (sekitar 10 Milyard rupiah)
3. NeXT
desainer: Paul Rand
tahun pembuatan: 1986
harga: $ 100.000 (sekitar 1 milyard rupiah)
4. Nike
desainer: Carolyn Davidson
tahun pembuatan: 1971
harga: $ 35 (sekitar Rp.350.000)
5. ENRON
desainer: Paul Rand
tahun pembuatan: 1990
harga: $33.000 (sekitar Rp.330.000.000,-)
6. GLASGOW 2014
desainer: Marque Agency
tahun pembuatan: 2010