Nyanyian Penghijauan "Green Generation"


Bila hutan yang hijau telah gersang
Bila bening sungai berganti kelam
Bila nyanyian alam menjadi hilang

Kemana kita harus pergi
Dimana kita mencari
Kerusakan di muka bumi karena tangan-tangan manusialah semata
Dan manusialah yang akan merasakan akibatnya
Let’s start to giving love mother nature

Bila mentari tertutup asap hitam
Bila udara tak lagi menyegarkan
Bila kehidupan tak pedulikan alam
Bila semua hanyalah ke egoisan

Apakah kesadaran kita baru terjaga
Ketika kekuatan alam telah terlarutkan bencana
Segeralah berbenah di waktu yang tersisa...
(shaffix: mother nature)

Sungai yang jernih sudah menjadi kotor, pepohonan yang dulu hijau tampak indah dan makmur, kini telah gersang. Ini bukan salah siapa-siapa, tapi salah diri kita sendiri. Di indonesia yang banyak penduduknya, mereka banyak yang tidak tanggung jawab atas perbuatannya.

Sudah ada tulisan dilarang buang sampah di sini, e...malahan buang sampah sembarang. Dengan alasan aturan di buat untuk di langgar, itulah semboyan kuno yang sering aku denger tu.
Terus sudah ada tulisan di larang menebang pohon liar, dilarang memburu binatang di daerah ini, kawasan bebas rokok. Masih banyak aja yang melanggarnya.
Inilah sifat manusia yang perlu di hindari untuk para “GREEN GENERATION” yaitu Egois

EGOIS

Salah satu sifat yang bisa juga baik, bisa juga jelek, tapi kebanyakan sifat egois itu sifat yang jelek.

Salah satu contoh sifat ego yang jelek:

banyak orang yang membuang sampah sembarang dengan pedenya berkata
“ntar juga ada dinas kebersihan yang membersihkan ka, ntar kalau gw ndag buang sampah sembarangan, trus tugasnya dinas kebersihan apa coba?? Trus..bla...bla....??”....
(tuh kan yang jadi sasaran dinas kebersihan)
”ogahlah buang sampah di tempatnya, kejauhan mau jalan...”( ini sifat pemalasnya keluar)
“Hla bagaimana lagi mas, kalau kita ndag nebang-nebang pohon itu, penghasilan kita darimana??, kalau masalah nanem pohonnya (reboisasi/penghijauan) itu kita juga butuh uang mas, jadi ya,gimana ya...hehe” begitu omongan bapak-bapak yang sedang menebang pohon di hutan tanpa ijin..(...ini sifat para manusia yang pengennya enak aja, tapi ndag tau apa akibatnya nanti, inilah sifat EGOIS )


Sifat baiknya egois itu contohnya begini :

“gila...masak gw buang sampah sembarangan apa kata para masyakat/murid-murid..” itu kata dinas kebersihan plus para guru-guru.

“Sudah saatnya kita lestarikan lingkungan hidup, bukan demi pak president, bukan demi penyu belimbing, dan bukan juga demi badak jawa, tetapi demi kelangsungan diri kita sendiri”...



Dengarkan teriakan para makhluk hidup di sekitarmu kawan.
Ini yang paling bahaya bin dangerous, harus ada tanda “!”.
Orang hutan yang mewakili para hewan-hewan penduduk hutanpun kaget sampai bergelantungan bukannya di pepohonan tetapi bergelantungan di tiang-tiang listrik dan gedung-gedung yang menjulang tinggi, sambil berterik-teriak.
“ ...ou..ou,,.penduduk manusia yang suka nebangin pohon di hutan kami...mana hutan gw??..gw kepanasan nie hidup di sini,,,,

Para tumbuh-tumbuhan yang ada di pinggiran jalanpun juga tersentak kaget mendengar para manusia yang tidak peduli dengan lingkungannya.
“...mendingan gw mati ajalah daripada gw di tusuk-tusuk dengan paku buat nempelin iklan-iklan yang tak penting, atau nempelin muka-muka para manusia yang sukanya menipu dengan gembar-gembor akan memajukan nasib rakyat, akan mensejahterakan kehidupan rakyat, tapi mensejahterakan kehidupan gw tidak di gubris.....bahkan mereka sering menebang gw tanpa nanem lagi...”

Jadi, mari kita semaikan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar kita.
“GREEN GENERATION”
TAHUN 2011 ini adalah tahun perubahan bagi diri kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita.
  • buanglah sampah pada tempatnya, kalau kejauhan simpan dulu di kantong kita, serta pilah dan pilihlah sampah-sampah yang mengandung organik maupun non-organik
  • gunakan produk serta barang-barang yang ramah lingkungan,
  • hematlah penggunakan bahan bakar minyak,
  • tanamlah pohon-pohon di ruang terbuka, atau pinggir-pinggir jalan serta sedikit adanya pepohonan, karena daun pohon itu bisa menyerap emisi CO2 dari pembakaran.
  • gunakan kendaraan bermotor seperlunya saja, dan kalau bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk luar kota atau jarak yang jauh saja, itu untuk mengurasi adanya asap bermotor
  • gunakan sepeda angin untuk bepergian, selain untuk menghemat biaya bbm, juga bisa membuat badan kita sehat, dan yang paling pokok mengurangi adanya asap kendaraan bermotor,
  • Dan Lain-lain
  • mulailah dari diri sendiri, nasihati orang lain, usahakan bumi kita hijau dan lestari kembali...:)
jadilah generasi pelopor penghijauan, jangan menjadi generasi perusakan...
semangat dalam merubah lingkungan kita, “GREEN GENERATION”.....kita semaikan dan laksanakan,....

salam penghijauan...

No comments: