PENGERTIAN KURIKULUM Menurut BEAN dkk FULL

Menurut Beane dkk (1986), konsep kurikulum dapat dikategorisasikan ke dalam empat jenis pengertian yaitu :

  1. Kurukulum sebagai Produk
  2. Kurikulum sebagai Program
  3. Kurikulum sebagai hasil yang diinginkan
  4. Kurikulum sebagai Pengalaman belajar bagi peserta didik

1. Kurikulum sebagai produk merupakan hasil perencanaan, pengembangan, dan perekayasaan kurikulum.

Jadi kurikulum dalam arti produk merupakan hasil yang konkret yang dapat diamati dalam bentuk dokumen hasil kerja sebuah tim pengembang kurikulum.

Keuntungan pengertian ini berupa kemungkinan yang dapat dilakukan terkait dengan arah dan tujuan pendidikan secara lebih konkret dalam sebuah dokumen yang disebut kurikulum.Kelemahannya adalah adanya pemaknaan yang sempit terhadap kurikulum. Kurikulum hanya dipandang sebagai dokumen yang memuat serentetan daftar materi/pokok bahasan dari suatu mata pelajaran.

2. Kurikulum sebagai program secara esensial merupakan kurikulum yang berbentuk program-program

pembelajaran secara riil.

Dalam bentuk yang ekstrem, kurikulum sebagai program dapat terwujudkan dalam serentetan daftar materi ataupun pokok bahasan yang diajarkan pada kurun waktu tertentu.

Keuntungan :

1) Dapat menunjukkan dan menjelaskan apa yang dimaksud kurikulum dengan lebih konkret, 2) dapat memahami bahwa kegiatan pembelajaran dapat terjadi dalam setting yg berbeda pada jenjang yg berbeda.

Kelemahannya :

munculnya asumsi bahwa apa yang tampak dalam daftar pokok bahasan, itulah yang harus dipelajari oleh siswa.

3. kurikulum sebagai hasil belajar yang ingin dicapai oleh para siswa, mendeskripsikan kurikulum sebagai pengetahuan, keterampilan, perilaku, sikap dan berbagai bentuk pemahaman thd. mata pelajaran.

Hasil belajar yang diinginkan dicapai siswa juga sering dituangkan dalam bentuk dokumen seperti halnya tujuan belajar, seperangkat konsep yang harus dikuasai, prinsip-prinsip belajar dan sebagainya.

Keuntungan :

1) kurikulum menjadi sebuah konsep, yang dapat dikembangkan dan dielaborasikan oleh guru, siswa dan masyarakat.

2) dapat menyusun kurikulum menjadi lebih terkendali baik dari segi scope maupun sequen-nya.

Kelemahannya :

adanya kesulitan bagi para guru maupun sekolah dalam menangani secara terpisah apa yang harus dipelajari oleh siswa dan cara mempelajarinya.

4. Kurikulum sebagai pengalaman belajar menempatkan pengalaman belajar sebagai hal yang sangat penting dalam pembelajaran.

Pada pandangan ini apa yang direncanakan dalam kurikulum belum tentu berhasil sebagaimana yang diharapkan. Sebaik apa pun kurikulumnya bila tidak didukung oleh guru yang profesional tentu tidak banyak memberikan makna terhadap siswa, demikian pula sebaliknya. Banyak faktor yang memengaruhinya seperti halnya kemampuan guru dalam menerapkan dan mengembangkan kurikulum dalam proses pembelajaran.

Keuntungan :

1) pihak guru maupun sekolah lebih memusatkan perhatiannya pada siswa dalam proses pembelajaran,

2) guru akan lebih melibatkan semua pengalaman siswa.

Kelemahannya:

1) kurikulum terasa lebih abstrak dan kompleks.

2) kurikulum menjadi sangat komprehensif, sehingga tidak dapat dideskripsikan dalam bentuk yang sederhana.

Tutorial Bahasa Jepang

Alphabet Dalam 日本語(bahasa jepang) terdapat dua jenis alphabet atau かな (kana) yang disebut ひらがな (hiragana) dan カタカナ (katakana). Hiragana dan Katakana hanya terdiri atas kurang dari 50 “huruf”, yang asalnya merupakan penyederhanaan dari tulisan China untuk membentuk yang disebut phonetic alphabet.

Tulisan China yang biasa disebut 漢字(kanji) dalam bahasa jepang, sangat sering digunakan dalam penulisan bahasa jepang. Kebanyakan kata-kata dalam bahasa jepang ditulis dalam kanji (kata benda, kata kerja, kata sifat). Terdapat lebih dari 40.000 kanji dimana sekitar 2000 kanji (biasa disebut 常用漢字joyo kanji) mewakili lebih dari 95% tulisan yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada spasi [ ] dalam bahasa jepang sehingga 漢字 (kanji ) sangat berguna dalam membedakan antar kata yang terpisah dalam sebuah kalimat. Kanji juga sangat berguna dalam membedakan antara homofon yang sangat sering terjadi dikarenakan jumlah suara yang berbeda sangat terbatas Hiragana digunakan sebagian besar untuk tujuan yang bersifat tata bahasa. Kita akan segera mengetahui nya ketika kita belajar tentang partikel. Kata-kata dengan kanji yang sangat jarang atau sulit, ungkapan bahasa sehari-hari, dan kata-kata yang meniru suara adalah juga ditulis dalam hiragana. Hiragana juga sering digunakan oleh para pemula bahasa jepang dan anak-anak sebagai pengganti kanji yang mereka belum ketahui Katakana mewakili pengucapan yang sama dengan hiragana hanya saja biasana digunakan untuk mewakili kata-kata asing dari Negara lain misalkan bahasa inggris


sebuah tulisan bukan kata-kata

setiap kata-kata yang saya tuliskan sekarang mungkin bisa menjadi bahan yang bisa menjadikan kita untuk sedikit ilmu dan bisa menjawab apa yang sudah di tanya dalam hati-hati kita.
apa yang akan saya tulis sekarang ini?
akan bermanfaatkah jika tulisanku di posting?
bukan hanya soal tulisan atau perangkaian kata-kata, tapi juga pemahaman dalam sebuah etika penulisan.

hari ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua.
ketika mendung tiba, apa kira-kira yang akan turun?
ketika cuaca cerah, apa kira-kira yang membuat bisa cerah?
nah, kita sudah mempunyai bahan untuk di jadikan cerita atau tulisan.


contoh:

sudah beberapa kali, ogge bersama teman-temannya (mas kame house, mas siopo joko, mas wandiv, mas gilang) nongkrong di warung deket warung kleco. yup's pertama kali dan yang utama warung itu di perkenalkan oleh temen ogge yang sekarang duduk di kursi semester 5, mas agil. belum lagi melihat, mendengarkan suasana malam yang indah. suara truck bergelendang, suara motor berdehem-dehem, suara klason bus sumber selamat ber cuit-cuit ria. sedikit gambaran untuk di renungi bahwa hari ini ogge masih bisa mendengar, merasa, dan melihat suasana malam. subhanallah


okey, sedikit cerita yang di postingkan untuk berbagi pengalaman menuliskan kejadian-kejadian.
tulisakan ceritamu
tuliskan sejarahmu
goreskan tinta hitam di kertas diarymu
baca-baca-baca-tulis-tulis-tulis
bacalah ciptaan yang telah di ciptakan
gali inspirasi di setiap pribadi orang lain

tulis semua kejadian yang kau alami
ambil makna di setiap kejadianmu.

ayo kembali menulis untuk merenungi ciptaan ilahi.
salam tulis-tulis-barubelajar-tulis-tulis